Top Informasi

Ingin Jual Rumah Cepat? Terapkan 7 Tips Menguntungkan Ini

Banyak faktor mengapa orang berniat menjual rumahnya. Memang ada yang merupakan pebisnis properti, ada yang membutuhkan dana guna memenuhi kebutuhan yang biayanya besar, membayar hutang, ingin pindah rumah, pindah tugas, dan lain sebagainya. Intinya, ada banyak situasi yang mengharuskan Anda untuk menjual rumah dengan cepat.

Jual Rumah Cepat

Sayangnya, jual rumah ini tidak semudah saat Anda ingin menjual barang lainnya. Bahkan Anda pasti sering melihat rumah yang sudah menua yang belum juga berhasil menggaet pembeli. Sayang sekali, bukan? Banyak pula faktor yang menyebabkan hal yang merugikan itu terjadi. Anda perlu menerapkan tips-tips di bawah ini agar rumah cepat laku.

 

  1. Memperhatikan Kelebihan dan Kekurangan Properti

Kelebihan dan kekurangan dari suatu produk menjadi pertimbangan dalam pembelian. Sebelum menentukan keputusan, seorang pembeli pasti akan melihat kedua hal tersebut dan mempertimbangkan antara satu produk dengan lainnya. Sama halnya ketika membeli rumah, justru pertimbangannya semakin kompleks.

 

Dengan demikian, sebagai pihak penjual, Anda harus menawarkan rumah yang layak huni dengan kondisi bangunan yang masih kokoh, terhindar dari kerusakan, dan bersih. Jika perlu, lakukan pengecatan ulang agar tampilan hunian makin menawan dan terlihat fresh. Ciptakan agar kelebihan lebih banyak dibandingkan kekurangannya.

 

  1. Memastikan Harga Tanah di Kawasan Sekitar

Harga adalah pertimbangan utama bagi pembeli dalam memenuhi kebutuhannya. Pada saat menjual rumah, maka pastikan harga tanah yang ada di kawasan rumah dijual. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menentukan harga jual rumah yang sesuai. untuk itu, lakukan pengecekan NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) di kawasan rumah.

 

Dalam PBB yang diterima setiap tahunnya, sudah tertera info NJOP untuk tanah ataupun bangunan. Umumnya, nilai NJOP digunakan sebagai batas minimum harga jual. Untuk harga jual yang ideal, maka dilakukan di atas harga pasar, yaitu 2-3 kali lipat. Bahkan, harga rumah berlokasi strategis bisa berkali-kali lipat. Hal ini sudah wajar, asal harga sesuai kondisi.

 

  1. Menghubungi Agen Properti

Agen properti memang sudah menguasai di bidangnya sebagai pihak marketing properti. Banyak hal menguntungkan jika Anda menghubungi agen properti untuk mempromosikan rumah yang akan dijual. Selain untuk mempromosikan, penentuan harga jual juga bisa dibantu oleh agen properti, sehingga harga yang terbentuk bisa sesuai dengan kondisi rumah.

 

  1. Menjual Rumah dalam Waktu Khusus

Pernahkah Anda mendengar istilah cerdas momen? Istilah ini berarti bahwa harus paham terhadap situasi yang ada dan mampu menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Dalam rangka menjual rumah, Anda juga harus menerapkan hal yang sama.

 

Agar rumah cepat laku, pilihlah waktu khusus, seperti ketika keadaan perekonomian meningkat, setelah kondisi politik stabil, dan sebagainya. Akan tetapi, cara ini hanya berlaku bagi pihak tertentu yang memang menjual rumah karena bisnis atau tidak terburu-buru. Hal ini tidak sesuai jika diterapkan oleh pihak yang memang sedang membutuhkan dana.

 

  1. Menentukan Harga Jual yang Tepat

Tips selanjutnya yang bisa diterapkan dalam menjual rumah adalah menentukan harga jual rumah. Ketepatan penentuan harga rumah dijual bisa berpengaruh pada keputusan pembeli. Karenanya, Anda harus mematok harga rumah dengan mengukur nilai kualitas hunian dengan segenap fasilitasnya. Sesuaikan harga dengan desain rumah beserta ukuran serta lokasinya.

 

  1. Jujur dalam Membuat Listing Iklan

Dalam kegiatan penjualan, sangat diperlukan langkah promosi yang membutuhkan strategi. Dalam hal ini, kegiatan periklanan sangat dibutuhkan agar rumah yang dijual bisa dikenal banyak orang dan cepat laku. Anda bisa membuat iklan di media cetak ataupun elektronik.

 

Untuk membuat iklan rumah, hendaknya Anda jujur dalam menginformasikan semua hal tentang rumah. Sesuaikan iklan dengan kondisi sebenarnya agar tidak termasuk pembohongan publik. sertakan foto rumah yang sebenarnya dengan disertai keterangan di bawah foto sesuai dengan keadaan sebenarnya.

 

  1. Jangan Terlalu Lama Listing Iklan

Dalam memasang iklan rumah di media online, media elektronik, serta media cetak, maka perhatikan pula masa listing iklan tersebut. Akan tetapi, pertimbangkanlah jangka waktu untuk listing iklan. Hal ini bertujuan agar hemat biaya dan agar pembeli tidak bosan.

 

Jangan terlalu lama dalam menayangkan iklan di media online atau situs online karena bisa menyebabkan calon pembeli rumah bertanya-tanya mengapa rumahnya belum terjual. Hal ini justru menimbulkan keraguan di pihak pembeli rumah. Akan tetapi, Anda bisa memperbarui iklan dengan gambar rumah dengan sisi yang lain dengan informasi yang lebih lengkap dan menarik. Hal ini justru menjadi langkah yang bijak dan seharusnya dilakukan.

 

Terdapat berbagai hal yang bisa dilakukan agar rumah cepat laku terjual. Berbagai tips di atas mampu memberikan solusi bagi Anda yang ingin jual rumah. Dalam menjual rumah, memang diperlukan tips untuk mencermati kondisi harga pasar, strategi promosi, yang semuanya menuntut Anda untuk cerdas dalam penjualan.

«
»
Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *