Top Informasi

Olahraga Ekonomis dengan Merawat Sepatu Lari Secara Tepat

Jogging merupakan olahraga  yang sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran jasmani. Selain mudah dilakukan, jogging alias lari bisa dikatakan sebagai jenis olahraga yang murah meriah. Tidak ada sarana ataupun peralatan khusus yang dibutuhkan, paling-paling hanya sepatu. Namun jika kita tidak bisa merawat sepatunya dengan baik, maka jogging tidak lagi menjadi murah lantaran harus bergonta-ganti sepatu.

Disamping harga sepatu lari relatif mahal, ia pun mudah rusak jika kita tak pandai merawatnya. Pasalnya, kotoran dan keringat dapat menempel dengan mudah ketika kita gunakan. Jika tidak langsung dibersihkan, maka bukan hanya bau tapi akan ada ribuan bakteri yang menetap disana. Bisa dibayangkan dong, bukannya sehat malah dapat menimbulkan penyakit pada kaki anda.

Harga Sepatu Lari

Cuci Manual Adalah Tips Terbaik Untuk Membersihkannya

Kotoran yang dibiarkan menempel tentu dapat merusak sepatu lari anda. Maka segera bersihkanlah setelah digunakan. Namun mencucinya pun jangan sembarangan ya! Kali ini sangat disarankan untuk mencucinya secara manual alias tanpa menggunakan mesin cuci. Sebab selain kurang bersih, bahan kanvas, kulit, nilon ataupun bahan lain dari sepatu anda dapat rusak dengan mudah jika dicuci menggunakan mesin.

Cara terbaiknya adalah digosok perlahan dengan menggunakan sikat berbulu nilon. Sedangkan untuk sabunnya, sebaiknya gunakan pembersih khusus. Sebisa mungkin hindari penggunaan sabun cream alias sabun colek, karena biasanya dapat merubah warna jika tidak dibilas dengan bersih.

Untuk hasil yang lebih bersih dan segar, pisahkanlah bagian insole-nya. Tentu dengan sebelumnya  telah melepaskan talinya, agar lidah dan bagian dalam dari sepatu anda dapat dibersihkan dengan leluasa. Dengan begitu, bukan hanya bagian luar yang dicuci bersih, tapi bagian dalam sepatunya pun wangi kembali.

Tips Pengeringan dan Penyimpanan Sepatu Lari

Tips perawatan yang berikutnya adalah jangan coba-coba untuk menjemurnya di bawah terik matahari secara langsung. Selain merusak warna, bentuknya pun dapat berubah. Biarkan saja mengering secara alami, atau bisa juga dengan menambahkan kitchen paper untuk menyerap kelembapan bagian dalam sepatunya supaya lebih cepat kering.

Jika sudah kering, pasangkan kembali bagian tali dan insole-nya dengan benar dan rapih. Setelah itu, sebaiknya masukkan kembali ke dalam dusnya. Bukan untuk dijual lagi yaa, tapi untuk menjaga agar kotoran atau debu tidak dapat menempel lagi. Tapi pastikan sepatu lari anda sudah benar-benar dalam keadaan kering. Jika tidak, bukannya rapih dan bersih melainkan lembab dan berjamur nanti sepatunya.

Kalau sudah begitu, maka sepatu lari anda siap dipakai kapan pun ketika anda butuh.  Disamping ekonomis karena tidak harus gonta-ganti sepatu akibat rusak, dengan menerapkan tips ini maka sepatu anda tetap higienis karena selalu terjaga kebersihannya.

 

«
»

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *